DESAIN,DISAIN,DESIGN L.O.G.O

Posted on | Wednesday, December 24, 2008 | 3 Comments

Logo merupakan nyawa dari perusahaan, logo juga merupakan penentu kemajuan atau kebangkrutan sebuah perusahaan (departemen, organisasi, yayasan dsb), maka logo juga berpengaruh pada citra baik dan buruknya perusahaan. Meskipun banyak nyawa yang menentukan kehidupan sebuah perusahaan, namun logo memiliki karakteristik yang dapat dijadikan media identitas dalam perusahaan. Tidak memungkinkan ketika mengaplikasikan nama dan jenis perusahaan anda, lengkap dengan alamat dan nomor telepon ke dalam semua media grafis, namun dengan logo, identitas perusahaan anda akan lebih mudah dikenal. Seperti dalam kemampuan otak dari manusia, yang lebih mudah dan senang membaca gambar dari pada membaca teks dengan karakter yang panjang, lebih menyenangkan membaca komik daripada novel, lebih cepat memahami ikon (penyederhanaan gambar) rambu lalu lintas, daripada membaca “belok ke kiri ikuti lampu”. Logo dapat terdiri dari gambar, teks maupun kombinasinya yang menjadi identitas dari perusahaan klien anda.
Logo adalah representasi visual dari sebuah perusahaan, yang merupakan identitas perusahaan klien anda. upayakan untuk membuat identitas yang unik untuk bisnis perusahaan klien Anda. Bahwa desain logo perusahaan klien anda merupakan bagian dari merek, yang dapat menarik atau menjauhkan klien/audience.

Tips perancangan Logo:
  • Memahami tentang teknik dan kreatif dalam perancangan logo, memahami perusahaan klien tentang produk / jasa yang mewakili visi,misi dan tujuannya, memahami klien/audience dari perusahaan tersebut dengan melakukan survey/penelitian. Pemahaman tersebut penting untuk menghasilkan logo yang efektif, sesuai dengan bidang usaha dan meningkatkan image perusahaan serta meningkatkan kepercayaan dari klien/audience perusahaan klien anda.
  • Melakukan penelitian di Internet atau majalah tentang konsep perancangan logo dan melengkapi konsep tersebut dengan konsep anda. Pada umumnya konsep tersebut mengacu pada bentuk, Font, warna dan ukuran. Tambahkan dengan konsep anda yang berbeda, hal ini akan menghasilkan karya yang. Seperti warna hijau, semua orang mengerti makna warna ini, alami! Gunakan bahasa lain pada arti warna ini, jika perlu tidak usah buang-buang kata dengan memberikan deskripsi warna ini. Sebenarnya warna memiliki makna yang berbeda pada beberapa orang/daerah, jadi menurut saya, warna bukan mewakili secara mutlak dari identitas/makna tertentu sebuah perusahaan, namun bisa menjadikan karakteristik sebuah perusahaan. Sebagai contoh, bendera kematian jika di daerah saya Bantul of Yogyakarta berwarna putih, sedangkan di daerah lain ada yang berwarna merah,hitam dsb. Kalo berbeda-beda bagaimana jika untuk bendera kematian merah dipahami dengan kemarahan/ kekuatan? Bukan kesedihan /kelemahan hati dari keluarga yang ditinggal?? Warna lebih memberikan kehidupan dari Logo.
  • Cari referensi tentang logo-logo dan sejarah sukses dari perusahaan-perusahaan besar. Meskipun memiliki bentuk logo yang menarik, sebuah perusahaan belum tentu besar, maka kisah sukses dari perusahaan besar dapat dijadikan pertimbangan perancangan logo. Sekecil apapun jenis usaha tentu memiliki harapan untuk menjadi besar, maka dalam perancangan logo perlu untuk berpikir sebagai pemilik perusahaan klien anda dan bertekat untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar. Pemahaman ini untuk menghindari kelemahan logo dan kemungkinan kesalahan, seperti ketidak tepatan pada karakter logo dengan perusahaan, meskipun bentuk dan warna dari logo menarik. Rancanglah logo perusahaan klien anda sebagai perusahaan kelas dunia
  • Pelajari penggunaan software yang lain dari kebiasaan anda mendesain, seperti CorelDraw, Adobe Creative Suite, photoshop dan sebagainya dalam berbagai versi, hal ini akan dapat memberikan ide baru dan teknik lain dalam proses pengembangan - finishing

Mugi-mugi Migunani…

Comments

3 Responses to “DESAIN,DISAIN,DESIGN L.O.G.O”

  1. qiendesign
    December 24, 2008 at 2:44 PM

    wew, neh dia neh sang maestro. thanks mas munir atas postingannya. semoga yang lain juga bisa ikut berpartisipasi aktif dalam rangka memajukan LHC (logo hunter community).

    ----

    kalau didaerah yaqien, jakarte, bendera kematian itu disimbolkan dengan warna kuning. kok, bisa begitu ya?. ternyata begitu kuat pengaruh warna dalam kehidupan kita, "subhanallah" luar biasanya Allah menciptakan berbagai warna yang ada.

  2. Anonymous
    December 27, 2008 at 8:31 PM

    Bagus artikelnya;
    kl boleh menambahkan, sebuah perancangan logo akan lebih mantap jika mampu memasukkan konsep feng shui di dalamnya, jujur tidak jujur, percaya gak percaya suka gak suka, feng shui telah mempengaruhi sebagian budaya bangsa ini..

    tp sayang, saya pribadipun gak menguasai banyak tentang feng shui...:(
    kl mau belajar dari buku feng shui, untuk mencari buku di toko bergengsipun susahnya minta ampun... barangkali teman2 ada yang mau bertukar info/tau dimana menemukan buku feng shui dalam versi bahasa indonesia yang komplit?

    kl gak ada... berarti benar sekali sebuah hadist "tuntutlah ilmu sampai ke negeri China"
    hmm... sepertinya kita juga harus ke Cina untuk membuat logo yang benar2 hebat...:)

  3. jemiro
    November 10, 2009 at 6:19 PM

    saya suka kata2 unik
    menurut saya ^^ logo harus unik, sbg contoh saya ambil , sebuah logo buah apel dengan gigitan kecil di pojok kanan atasnya, apa lagi kalau bukan apple, ^^

Qien | Logo

Copyright (c) 2007-2012
Jl. Pejaten Barat II Rt. 003/08 No. 60 Pasar Minggu Jakarta Selatan 12510
Email : h_yaqien[@]yahoo.com

Readers | Followers

Dapatkan informasi terbaru seputar lomba dan sayembara logo, langsung di email teman-teman. Sudah bergabung dengan kami.

Subscribe to yaqiendesign - your logo solutions! by Email


Recent Visitors